Wawancara "Ini Sejarah Pembuktian Pada Dunia"

Dulu ada Lagu Siang di Seberang Sebuah Istana. Mungkin nanti bakal tercipta Lagu Pagi di Dalam Sebuah Istana. Kisah ini bukan hayalan tetapi nyata karena Jumat pagi (27/2) Iwan Fals dan isteri diterima di Istana Negara. Jangan mudah percaya dengan berita yang ada. Tim www.iwanfals.co.id menyajikan berita akurat dan terpercaya berhasil melakukan wawancara dari sumbernya (Iwan Fals dan Rosana Listanto).


Bagaimana ceritanya bisa ada kunjungan ke Istana Presiden ?
Dulu Pak Jokowi waktu menjabat Gubernur DKI pernah datang ke rumah. Saya berharap bisa digelar konser 4 juta penonton 1 November 2014 di Jakarta. Dan Pak Jokowi punya pengalaman menangani acara seperti di Solo dan Jakarta. Terus saya datangi bareng Net TV ke Pak Ahok. Waktu itu masih Wagub DKI. Terus ada OPSI hadir Panglima TNI termasuk juga mengundang Kapolri. OPSI dan Tour Djinggo dengan mengusung tema Menuju Nyanyian Raya. Perijinan ditempuh oleh Net TV tapi buntu. Saya ajukan surat ke Presiden (20/12) permohonan silaturahmi dan audiensi.

Kenapa mesti Presiden ?
Karena Presiden bisa memerintah Panglima TNI, Kapolri, Gubernur dan semua pihak untuk terlibat aktif mensukseskan 4 juta penonton. Dan setelah menunggu dua bulan baru mendapat jawaban bisa diterima di Istana Presiden Jumat (27/2) ini.

Kenapa baru dibalas sekarang oleh Presiden ?
Setelah saya mengirim surat dan tak ada respon maka saya anggap situasinya belum tepat. Banyak persoalan tentang urusan politik negara membuat Presiden baru bisa membalas surat saya dan saat ini sepertinya situasi yang tepat.

Apa saja yang dibicarakan di Istana Negara ?
Intinya silaturahmi, menghidupkan kata silaturahmi bukan sekedar kata-kata. Saya menghormati kedatangan beliau ke rumah saya dan saya melakukan kunjungan balasan. Saya ingin konsultasi minta masukan tentang tempat yang menampung 4 juta penonton. Dengan Net TV Nyanyian Raya tetap akan digelar di GWK Bali dengan kapasitas penonton hadir kurang lebih seratus ribu penonton. Acara yang akan digelar live dari GWK Bali mudah-mudahan lancar .
Iwan Fals menegaskan : “4 juta penonton adalah upacara penting berharap akan jadi kebanggaan Indonesia. Satu orang adalah bagian dari 4 juta menjadi sejarah. Ini sejarah pembuktian pada dunia bahwa sebenarnya kita mampu.”

Bagaimana Presiden menanggapi agenda 4 juta penonton ?
Presiden melalui timnya akan meneliti masukan tentang tempat-tempat yang dianggap bisa memenuhi target. Ada atau tidak ada beliau berjanji bakal mengabari. Dimana dan kapannya menjadi PR.
“Kalau saya sempat mengusulkan 17 Agustus 2015”, kata Iwan Fals.

Bagaimana kesan setelah dikasih waktu audiensi dengan Presiden RI ?
Makin Indonesia. Saya dengan isteri diterima dengan ramah sambil minum teh. Mudah-mudahan nggak kehilangan kegembiraan. Pak Jokowi sempat berucap “Hadapi Saja.” *sr


Leuwinanggung, (27/2)