Cerita Panggung Keajaiban di Atas Kolam

Mahakarya Indonesia Friday Legend Iwan Fals


Jumat malam (12/12) di sebuah tempat yang asri dengan pepohonan rindang di sekitarnya. Suara kodok mengeluarkan harmoni dari atas kolam bebek yang tak dihuni oleh bebeknya. Selintas memberikan isyarat bahwa manusia, tumbuhan, hewan, dan alam semesta adalah pelaku peran skenario kehidupan. Manusia dilahirkan untuk berperan menjankan skenario. Skenario menjadi rintisan agar mimpi menjadi kenyataan. Skenario ditulis kemudian menjadi pegangan mengisi panggung dunia. Hari ini adalah pilihan dari kenyataan masa lalu. Kerja keras dan kerja ikhlas mampu memberikan keindahan pada waktunya. Seperti pengakuan Yogi Wahyu (43) Owner Bebek Bali di kawasan industry terbesar Asia Tenggara, Cikarang Bekasi.

“Kisah masa lalu kami tidak bisa beli tiket saat idola kami manggung. Sebagian dari kami ada juga yang mampu beli tiket tetapi tidak bisa mendekat dengan sang idola. Saat ini kami sudah mampu untuk menghadirkan sang idola di panggung kami. Bebek Bali menjadi jembatan antara teman-teman pengunjung dan sang idola. Bebek Bali menghadirkan legend seperti God Bless, Nick Astria, Mel Shandy, Elpamas, Jamrud, Kotak, dan sekarang Iwan Fals “, kata Yogi Wahyu.

Penampilan legend sangat dinanti di setiap pertunjukan maka Bebek Bali menampilkannya dengan menamakan Friday Legend. “Pengunjung ingin refresh maka setiap Jumat malam kami tampilkan legend pilihan. Di sini kelas eksklusif kawasan industri maka outputnya pengunjung memiliki spirit untuk bekerja”, ujar Yogi Wahyu.

Acara yang dipandu MC Sandy Pas Band mampu menghidupkan suasana karena menghibur dengan celoteh yang menggelitik. “Saya sering ketemu banyak penggemar Iwan Fals kalo jumatan. Pasti ada konser Iwan Fals besoknya. Daerah Cibubur macet bukan gara-gara ada Cikeas tapi gara-gara Iwan Fals.”

“Sulitnya lihat penampilan Iwan Fals karena masalah perizinan dan selektifnya Iwan Fals dalam memilih event dan venue. Malam ini kita bisa duduk tenang dan enjoy menikmati penampilan sang legenda di Cafe Bebek Bali Cikarang dalam acara Mahakarya Indonesia Friday Legend Iwan Fals”, kata Sandy Pas Band membuka acara.

Iwan Fals tampil dengan gaya khas-nya yang lepas, santai, humor, namun tetap penuh isi. Di awal penampilan seperti biasa Iwan Fals membangun komunikasi dari atas panggung sambil bercerita kejadian beberapa hari yang lalu. Iwan Fals berucap : “Terbukti keajaiban itu ada tiap hari. Kemarin saya bersama anak dan isteri berenang di belakang rumah dan sempat membayangkan bernyanyi di atas kolam. Sekarang malah nyanyi di atas kolam beneran.”

12 lagu yang dibawakan pada Jumat malam (12/12) hingga Jam 12 malam adalah benar-benar ajaib. Manusia ½ Dewa menjadi lagu pembuka, Iwan Fals memberikan harapan kepada presiden baru untuk menurunkan harga BBM pada saat harga minyak dunia turun. Usai 12 lagu dibawakan dengan Bongkar sebagai lagu penutup . Penonton bereaksi dengan koor yang sama. “Lagi…lagi…lagi…”, teriak penonton mampu memancing Iwan Fals untuk bertahan. Ibarat gaji ke-13 maka lagu ke-13 dipersembahkan oleh Iwan Fals untuk malam itu, Nyanyian Jiwa.

Mahakarya Indonesia Friday Legend Iwan Fals membuktikan bahwa seseorang akan diakui menjadi legend tatkala mampu membuktikan dengan karya. Nantikan karya Iwan Fals selanjutnya di tahun 2015 yang rencana akan merilis album tentang isteri tercinta, Rosana. *sr


Leuwinanggung (15/12)