Dari Rumah Meriahkan Malam Puncak HUT SCTV ke-30

Outdoor Recording di Waerebo NTT terakhir kalinya Iwan Fals bekerja di luar. Sepulang dari petualangan itu langsung berdiam diri di rumah. Ini cara Iwan Fals berprasangka baik mematuhi protokol kesehatan. Perjuangan kolektif butuh peran semua untuk bangkit melawan virus covid 19.

Lima bulan lamanya Iwan Fals di rumah. Hari Raya Idul Fitri biasanya berkunjung ke rumah ibu (Lies) di Jakarta, tahun ini cukup lewat video call. Bukan karena tidak ada ongkos untuk pulang. Bukan karena sopir sibuk. Bukan karena tidak ada mobil. Jarak yang tidak jauh antara Leuwinanggung-Manggarai bisa ditempuh dengan mudah. Tidak ada sopir, Iwan Fals biasa nyetir sendiri. Tidak ada mobil, Iwan Fals biasa naik motor. Tapi bukan itu.

Jika ada tawaran kerja dari luar, Iwan Fals memilih di rumah saja. Jangan berharap Iwan Fals bisa mengalah ke luar rumah. Itu tadi jawabannya, ibunya yang tinggal di Jakarta saja belum dikunjungi.

Malam Puncak HUT SCTV ke-30, Iwan Fals melakukannya dari rumah. Crew SCTV datang ke lokasi shooting. Lokasi di Panggung Kita. Masuk gerbang dan mengikuti protokoler kesehatan yaitu mandi, masuk bilik disinfektan, memakai masker dan face shield.

“Saya datang ke sini jam 12 malam malah disuruh mandi,” ucap seorang sopir truk.
“Tapi nggak apa-apa, mandi malam bagus biar sakti,” canda temannya sesama sopir truk.

Tampil tanpa penonton. "Pasti ada pengaruh, tapi nggak terlalu, wong sebelum ada penonton kan kita nyanyi juga nggak ada penonton dulu di kamar mandi," kata Iwan Fals yang tampil membawakan 5 lagu.

“Hio” bersama atraksi penari api membuka penampilan Iwan Fals. Menyampaikan kadar kepekaan terhadap kehormatan dirinya. Api adalah simbol penyemangat agar nurani tak boleh padam.

Lagu “Senandung Lirih” adalah misteri hati. Pencarian menemukan jawabannya di saat tak lagi mencari. Di situlah arti pertemuan.

Selanjutnya, lagu didedikasikan untuk penyanyi yang rencananya akan tampil bareng Iwan Fals. “Januari” Glenn Fredly dan “Sewu Kutho” Didi Kempot dinyanyikan oleh suara khas Iwan Fals.

“Nyanyian Jiwa” menutup penampilan Iwan Fals. Bersama Reza Artamevia dari panggung terpisah. Iwan Fals dari rumah, Reza Artamevia dari studio SCTV. Tidak dipertemukan dalam satu panggung, dua penyanyi berkarakter.

Iwan Fals di rumah. Tidak berangkat ke studio SCTV. Ada penggemar yang datang ke rumah. Menunggu sejak pagi hingga sore hari. Bertanya tentang kabar dan kesehatan Iwan Fals.

“Babeh Iwan sehat ya bang, kapan berangkat ke SCTV?” tanya penggemar dengan polosnya.

Kemeriahan Malam Puncak HUT SCTV ke-30 #3xtraOrdinary disiarkan langsung dari Studio Emtek City, Daan Mogot, Jakarta. Di usia 30 tahun SCTV sukses membuat penonton berdecak kagum.

“Selamat ulang tahun SCTV ke-30. Perjalanan waktu, semakin matang, semoga SCTV memberikan inovasi agar selalu extra ordinary” ungkap Cikal.

Leuwinanggung, 25 Agustus 2020
Penulis: Syaiful Ramadlan
Fotografer : Evelyn Pritt
Editor : Cikal