Di Garis Akhir Berbagi Kebaikan Dan Kebenaran

Sebulan menjalani ibadah puasa dengan keadaan harus berada di dalam pergolakan hidup, tidak ada pilihan bahwa kita harus selalu sehat jasmani dan rohani bukan hal yang mudah untuk dijalani. Adalah perjalanan spiritual yang sangat berharga dan tidak tergantikan, sebuah garis akhir dimana perang melawan diri sendiri adalah titik hari kemenangan berbagi kebaikan dan kebenaran.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H. Mohon maaf lahir dan batin.”

Jadwal kegiatan Iwan Fals di masa pandemi covid 19 sudah disiapkan. Tawaran pekerjaan sehubungan dengan konser dan donasi, yaitu dengan menggelar konser dari rumah dengan judul “Konser Amal Malam Takbiran” yang akan tayang di youtube Official Bank Mandiri.

Pada hari proses menunggu Sidang Isbat manajemen Tiga Rambu mendapat kabar bahwa ada kemungkinan Hari Raya 1 Syawal 1441 H akan jatuh pada hari Sabtu, 23 Mei 2020. Sementara konser amal yang direncanakan akan tayang oleh penyelenggara tanggal 23 Mei 2020. Sempat menjadi pembahasan karena sebelumnya penyelenggara memperkirakan Hari Raya Idul Fitri jatuh tanggal 24 Mei 2020 mengacu kepada kalender umumnya. Dan kemudian Sidang Isbat memutuskan Hari Raya Idul Fitri jatuh pada hari Minggu, 24 Mei 2020. Ternyata waktu bukan menjadi kendala. Untuk semua persiapan acara konser sudah diatur dengan baik oleh penyelenggara yang harusnya tinggal berjalan sesuai jadwal.

Tapi ternyata ada wacana lain, yang kemudian pihak penyelenggara memberi kabar secara lisan kepada pihak Tiga Rambu bahwa Konser Amal Mandiri akan diganti waktu penayangannya. Sebagaimana hal yang biasa dilakukan oleh manajemen Tiga Rambu adalah meminta pernyataan tertulis tentang perubahan waktu tayang kepada penyelenggara sebagai bukti otentik untuk kelengkapan membuat addendum di Surat Perjanjian Kerjasama Tiga Rambu dengan pihak penyelenggara acara konser.

Di situasi yang lain, di sosial media berkembang asumsi-asumsi yang tidak bertanggung jawab menyudutkan pihak Iwan Fals, antara lain:
- Ada yang mengatakan bukan waktu yang tepat konser Iwan Fals di malam takbiran.
- Iwan Fals kurang memperhatikan keamanan sehubungan kerumunan di situasi pandemi covid 19.

Yang kemudian berkembang pemberitaan di salah satu media “Iwan Fals mengundurkan waktu konsernya karena banyak asumsi-asumsi di lapangan.” Hal itu adalah sangat tidak benar. Pihak manajemen Iwan Fals mengikuti kesepakatan kerja sama secara proposional. Bahwa yang bisa menunda acara konser atau waktu tayang konser itu hanya pihak penyelenggara. Perlu diketahui, bahwa Tiga Rambu bisa juga melakukan pembatalan konser dengan tidak menghadirkan Iwan Fals atau tidak tampil kalau penyelenggara melanggar salah satu poin kontrak.

Dalam hal ini Tiga Rambu hanya mau menegaskan, bahwa ini bukan pertama kalinya Iwan Fals mendapat pekerjaan di malam Hari Raya Idul Fitri dengan suasana takbiran. Karena secara konsep acara dan konsep kerja produksi tidak melanggar peraturan. Peraturan hidup bersama, peraturan kesehatan jasmani dan rohani, dan peraturan untuk keseimbangan alam semesta. Insya Allah pihak Tiga Rambu sudah mempertimbangkan secara sadar dan penuh tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan konser secara live taping (rekaman) tanpa penonton. Yang rekamannya akan dikerjakan beberapa hari sebelum waktu konser yang disepakati. Dan hasil rekaman konser Amal Iwan Fals akan ditayangkan secara virtual tanpa adanya kerumunan.

Alhamdulillah, semoga dengan selalu berdoa dan berterima kasih kepada Tuhan Maha Pengasih dan Maha Penyayang atas rejeki dan kesempatan yang diberikan. Segala sesuatunya bisa menjadi pembelajaran dan pencerahan untuk semua pemerhati dan penyaksi karya-karya Iwan Fals.

“Di dalam kondisi tidak tenang harus bisa menghasilkan kata-kata dan sikap yang tenang.”

Semoga menjadi sebuah pengalaman batin yang berarti di dalam suasana hari yang fitri ini. Menyikapi situasi di garis akhir penentu sisakan ketenangan dan kesabaran. Nantikan Iwan Fals "Konser Amal Di Rumah Aja” pada hari Selasa, 26 Mei 2020 pukul 20.00 akan tayang di youtube Official Bank Mandiri.

Leuwinanggung, 24 Mei 2020
Penulis: Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto