Masih Sanggup Bernyanyi 25 Lagu?

Dalam keterangannya saat Press Conference di Ramayana Cibitung (13/10/2019), Iwan Fals berjanji akan memberikan penampilan terbaik. Sebanyak 25 lagu atau lebih telah disiapkan. Kabar ini menggembirakan karena bakal mengobati puluhan ribu penonton yang akan hadir di Stadion Wibawa Mukti Cikarang Bekasi, (8/11/2019).

“Itu misterinya. Cord sama, lagu sama, tetapi koq beda,” ucap Iwan Fals yang menyoal kehadiran penonton di setiap konser. Penonton selalu merasakan ada yang baru dalam setiap penampilan. Penonton selalu merasakan ada yang berbeda dalam setiap pertunjukan. Lagu Oemar Bakri selalu baru, itulah bedanya kalau datang ke konser.

Iwan Fals tidak perlu menurunkan cord dengan alasan menggapai suara tinggi. Rahasianya agar suara stabil bisa ditengok dari pola latihan sungguh-sungguh dan rutin mengajar karate seminggu dua kali di rumah.

“Bayangkan Balada Orang Pedalaman dan Nyanyian Jiwa itu nada tinggi sekali. Yang nyanyi bukan mulut tapi jiwa,” ucap Iwan Fals.

“Lagu saya rendah, rendah sekali. Tinggi, tinggi sekali. Secara cord nggak perlu diturunin. Kekuatan ada karena energi penonton” kata Iwan Fals.

Musik Pemersatu

Pemerhati lagu-lagu Iwan Fals adalah pemerhati persoalan. Soal apa saja. Ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan keamanan tak luput dari perhatian mereka. Dialektika terjadi dan tumbuh menjadi kelas besar yang bisa diakses, pro dan kontra.

“Kita bisa berbeda pendapat. Tapi musik menjadi satu. Dalam ketukan yang sama, kolaborasi, menuju titik harmoni,” kata Iwan Fals.

Tititk harmoni yang dimaksud adalah sadar posisi dan kontrol bunyi. Maka pencarian tidak selesai begitu saja. Dan musik tidak selesai begitu saja. Karena harus dilatih dan kembali dilatih. Pencarian selanjutnya bertanya kepada semesta.
“Tuhan punya maksud agar kehidupan mencari titik harmoni,” kata Iwan Fals.

Mau Tahu Isi 25 Lagu Itu?

Saat Manajemen Iwan Fals didesak untuk membocorkan susunan lagu yang bakal dibawakan, Cikal enggan menyebutnya. “Tim kreatif dan promotor duduk bareng memilih 25 lagu dan kita tidak ingin banyak cerita. Yang pasti tema karya semesta konten yang sangat dalam, seperti Traveloka Xperience adalah dengan pengalaman yang tak terbatas,” ucap Cikal.

Cara Mendapatkan Tiket?

Pembelian tiket adalah pembelian online dengan cara input Traveloka. Tiket bisa dipesan mulai sekarang, Oi yang akan membantu mediasi dan mengkoordinasi pembelian tiket.

Cikarang Bekasi menjadi titik kumpul. Bisa diakses oleh wilayah yang berdekatan yaitu BPW Oi Serang, BPW Oi Jawa Barat, BPW Oi DKI.

“Ada pertanyaan di instagram tentang kesulitan memperoleh tiket. Kini Oi membantu untuk memudahkan pembelian tiket,” ucap Lisa Producer Reka Kreasi Production

Road To Konser Karya Semesta

Sekjen BPP Oi Ainu Rofik menyediakan tempat di Ramayana Cibitung. Ramayana sebagai mitra kerja Oi di dua periode BPP Oi telah banyak berkontribusi. Sudah berjalan sekian tahun kegiatan-kegiatan Oi disupport oleh Ramayana. Mulai dari pembuatan KTA Oi, Oi Fest, panggung musik, penggalangan dana kemanusiaan, dan kegiatan peduli lingkungan .

Dari 1000 pengunjung ada 100 tiket Konser Karya Semesta Iwan Fals & Band sudah dipesan per hari ini. Ramayana Cibitung menggelar Road to Konser Karya Semesta diisi oleh band dari Oi sejak siang hari. Panggung musik berakhir sore hari dengan puncak penampilan Danies Rabani And Band.

Kegiatan pra event diisi santunan dhuafa. Iwan Fals memberikan 33 pohon buah-buahan terdiri dari 11 pohon rambutan, 11 pohon jambu, 11 pohon mangga. Pohon dari Tiga Rambu ini selanjutnya akan ditanam Pokdarwis Desa Kertarahayu Setu Bekasi.

Leuwinanggung, (15/10/2019).

Fotografer : Evelyn Pritt
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto