“We Power The Nation” Hadirkan Iwan Fals

Taman Mini Indonesia Indah, (14/3/2019) menjadi titik kumpul Employee Gathering HUT ke-59 Wika atau PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. Bertempat di Gedung Sasana Kriya sejak Kamis pagi didatangi orang dengan kostum biru membawa semangat hadir untuk negeri.

“Satukan sinergi anak negeri memperkuat rantai pembangunan,” Mars Wika suaranya bergelora di dalam gedung semakin mempertegas keberadaan 59th Wika untuk Indonesia yang tahun ini mengusung tema “We Power The Nation” karena melambangkan semangat membara memotivasi insan Wika agar mampu menggerakkan bangsa dengan menyentuh segala aspek kehidupan. “We Power The Nation” menjadi semakin berarti ketika Iwan Fals naik ke atas panggung.

Iwan Fals & Band menghibur perusahaan bangunan milik Belanda yang bernama Naamloze Vennootschap Technische Handel Maatschappij en Bouwbedrijf Vis en yang kemudian melakukan nasionalisasi perusahaan berubah nama menjadi PT Wijaya Karya.

Wijaya Karya kebanggaan Indonesia. Dihadiri dua orang mentri yaitu Mentri BUMN Rini Soemarno dan Mentri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono. Saat Iwan Fals & Band menyelesaikan lagu kedua “Antara Aku, Kau & Bekas Pacarmu” Basuki Hadimuljono yang dikenal sebagai “Daendels” ini naik ke atas panggung mengambil posisi sebagai drummer di lagu “Bento”.

Ini yang kedua kalinya Basuki Hadimuljono naik ke atas panggung atas inisiatif sendiri. Pertama, saat dua orang mentri datang ke lokasi. MC memimpin acara penyambutan namun Basuki Hadimuljono tidak langsung duduk di kursi, seperti yang biasa dilakukan tamu undangan kehormatan. Tetapi dia langsung ke atas panggung mengambil mic dan menyapa hadirin dengan yel-yel penyemangat. Kedua, Usai mengantar Mentri Rini Soemarno keluar, dia kembali ke ruangan dan di lagu ketiga naik ke atas panggung.

Penulis menduga ini memang style Basuki Hadimuljono yang tanpa basa-basi dan canggung melakukannya karena berbagai alasan. Pertama, dia memang gemar bermain musik. Maka dia mengambil pilihan untuk tidak membiarkan kesempatan. Faktanya mentri yang satu ini mengakui mengidolakan Iwan Fals dan merasa bangga bisa sepanggung. Kedua, dia mentri yang murni karier dari bawah dan familiar dengan lingkungan kerja Wika sehingga merasa di rumah sendiri apalagi pada acara Employee Gathering.

Pada lagu keempat sampai kesebelas posisi drum kembali diisi Yose. Hebatnya di sini adalah Yose tidak bisa mengisi posisi mentri tetapi sebaliknya mentri bisa mengisi posisi musisi. Iwan Fals menimpal dengan komentar. “Waduh Pak Basuki langsung ngos-ngosan setelah main drum,” candanya.


Leuwinanggung, 15 Maret 2019.

Fotografer : Ichan Maulana
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto