Latihan Menuju “Nyanyian Yang Tersimpan”

“Apa iya, ngahuleung kalau kata bahasa Sunda. Saya produk lama masuk di dunia baru,” terang Iwan Fals saat Cikal mengabarkan pekerjaan ini.

Untuk mempersiapkan penampilannya nanti agar tampil maksimal Iwan Fals memaksimalkan diri dalam proses latihan. Latihan vokal dilakukan di rumah dan berulang-ulang.

“Ya karena ada yang tersimpan itu lagu-lagu lama yang sudah lupa mulai dipelajari lagi jadi agak makan waktu,” kata Iwan Fals.

Ditanya soal kiat khusus menjaga kondisi suaranya, Iwan Fals mengaku tidak punya. Ia hanya rutin bernyanyi dan berlatih. “Nyanyi sebanyak-banyaknya tapi juga jangan dipaksa. Kalau sudah mulai agak sakit istirahat,” ucapnya.

“Saya juga mulai diajari, kebetulan pemain drum saya dosen musik jadi diajari tangga nada do re mi fa so la si do. Itu dilatih terus,” terang Iwan Fals.

Selain melatih suara, Iwan Fals menjaga staminanya dengan olah raga. Shalat lima waktu baginya selain ibadah juga ada gerakan dan aliran darah untuk keseimbangan. Seminggu dua kali melatih karate selama dua jam dilakukannya.


Leuwinanggung, 13-12-2018

Penulis : Syaiful Ramadlan
Fotografer : Ichan Maulana
Editor : Cikal