KITA KERJA

15 Juli 2017 bertepatan dengan 21 Syawal 1438 Hijriyah Keluarga Besar PT. Tiga Rambu mengadakan Halal Bihalal di Pendopo Dojo Tiga Rambu yang dihadiri ratusan orang yang terdiri dari 77 orang karyawan yang bertugas di Cipanas, Jonggol, Leuwinanggung. Hadir pula keluarga karyawan dan undangan. Ini adalah orang-orang yang bekerja bersama Iwan Fals.

Iwan Fals dalam kata sambutannya mengaku belum bisa maksimal memberikan yang terbaik. “Saya sebagai kepala rumah tangga belum bisa memberikan teladan yang baik untuk keluarga, kita yang hadir di sini adalah keluarga besar. Saya belum bisa memenuhi janji untuk bisa makan bersama karyawan di dapur, hanya sesekali. Saya belum bisa ngajar karate setiap saat karena saya ada kesibukan ke Jonggol, ke Manggarai, atau karena jadwal yang ditentukan Manajemen.”

Kerja dilaksanakan dengan sungguh-sungguh adalah ibadah. Kerja membutuhkan kesesuaian antara hati, pikiran, perkataan, dan perbuatan. Inilah yang disebut integritas. Seperti halnya Bi Iyam yang sudah bekerja bersama Iwan Fals sejak tahun1998. Jika ada kalimat bercanda yang berbunyi : “Jangan pernah bilang sudah ke rumah Iwan Fals kalau belum coba masakan Bi Iyam” atau “Jangan pernah ngaku pendiri Oi kalau tidak kenal Bi Iyam” adalah sebuah apresiasi yang diberikan kepada wanita bersahaja yang mengabdikan diri sebagai “orang dapur” Iwan Fals. Belajar soal dedikasi, Bi Iyam layak dijadikan “guru” maka tak heran jika kebaikannya dibalas dengan kebaikan. Bi Iyam lahir 15 Juli dan Halal Bihalal bertepatan dengan hari kelahiran Bi Iyam.

Anak-anak dan orang tua melebur di rumah Iwan Fals maka ketidakhadirannya akan terasa karena setiap orang meninggalkan kesan. Juki adalah karyawan yang dikenal dekat dengan dunia anak-anak. Juki yang mendapat julukan “Penunggu Empang” bakal meninggalkan rumah Iwan Fals kembali bekerja di Manggarai. Juki menulis dua halaman catatan hati dan perhatikan rangkaian kata-kata cerdas Juki, “Pergi berhijrah bukan berarti berpisah.”

Bekerja itu bukan mencari nama. Cukup rasa bangga dalam hati tidak haus pengakuan dan penghargaan. Integritas itu memilih untuk berani daripada kenyamanan, memilih melakukan yang benar daripada yang menyenangkan atau memilih untuk mempertahankan prinsip dan nilai-nilai kita daripada sekedar pengakuan.

Bekerja artinya turut menjadi bagian dari sebuah keluarga yang dinamakan perusahaan. Perusahaan adalah sebuah keluarga besar dan semangat kekeluargaan menjadi ciri khas yang melekat pada Tiga Rambu. Silla dari Manajemen Tiga Rambu mengakui bersyukur menjadi bagian dari keluarga Tiga Rambu. “Jodoh itu bentuknya macam-macam. Percaya bahwa apa yang kita lakukan dari hati, pasti sampai ke hati,” ungkapnya.


Leuwinanggung, (20/7).

Fotografer : Evelyn Pritt
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto