Bangkit Untuk Satu

Musik menjadi media gerakan. Musik bisa menjadi penyemangat untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan. Sebuah gelaran yang pasti dinanti, disaksikan, dan patut dicatat dalam sejarah musik Indonesia, akan hadirnya 5 nama musisi dan band tur 5 kota di 5 pulau di Indonesia. 5 nama musisi besar ini adalah 4 artis besar dan seorang “living legend”. D’Masiv, Noah, Nidji, Geisha, dan Iwan Fals menjadi penggerak Indonesia Bangkit.

Kualitas yang dimiliki dan kuantitas penggemar yang ada dari 5 musisi dan band menjanjikan antusias penonton bakal datang ke lokasi konser. D’Masiv di Banjarmasin Kalimantan Selatan (26/3), Noah di Malang Jawa Timur (30/3), Nidji di Palembang Sumatera Selatan (2/4), Geisha di Makasar Sulawesi Selatan (9/4), all artists Iwan Fals & Band, D’Masiv, Noah, Nidji dan Geisha di Denpasar Bali (16/4).

Bagaimana Iwan Fals memandang dua ratus juta lebih orang Indonesia ?
“Apa artinya saya. Sebagai musisi apa yang bisa diperbuat. Bangkit sama-sama menjawab kegelisahan bersama. Semangat kerinduan Indonesia yang lebih baik. Keberanian berekspresi untuk hidup yang lebih baik ,” kata Iwan Fals dalam konferensi pers Suryanation Bangkit Untuk Satu di Jakarta, Senin (21/3).

Yang membedakan adalah kesadaran lingkungan yang lebih baik dan kesadaran silaturahmi antar sesama manusia.
"Salah satu kesepakatan saya sama manajemen Tiga Rambu adalah nanam pohon. Saya pernah baca kok hutan sudah rusak. Setahun itu bisa 13 juta hektar yang rusak. Padahal hutan itu penting supaya kita enggak kebanjiran, enggak kekeringan. Jadi saya minta tolong dimasukin ke kontrak. Itu awalnya kenapa saya ada nanam pohon," tambahnya.

Ini semakin mempertegas komitmen terhadap kehidupan generasi ke generasi.
"Kalau enggak ada lahan saya ada lahan di Jonggol. Lagipula pohon itu kan salah satu makhluk yang melawan gravitasi. Orang-orang nunduk ke bawah kalau liat matahari, dia ngeliat ke atas nyari matahari. Sang surya adalah awal dari kehidupan," ungkapnya.

Bagaimana tentang Iwan Fals di mata D’Masiv, Noah, Nidji, Geisha ? Iwan Fals menurut Ariel Noah adalah sosok yang tak pernah menyia-nyiakan mood. Saat mood ada maka Iwan Fals menjalani pekerjaan sampai tuntas. Iwan Fals menurut Randy Nidji menjadi tempat berguru jurus-jurus baru menciptakan lagu menggunakan panca indera. Disiplin dan totalitas Iwan Fals terlihat saat latihan lagu dilakukan biasanya cukup satu, dua kali kini adanya Iwan Fals bisa menjadi sepuluh kali diulang lagi. Momo Geisha belajar banyak dari Iwan Fals tentang menyampaikan pesan-pesan sosial. Itu semua adalah pelajaran berharga yang didapat dari kerja bareng musisi yang tidak melulu bicara entertainment tapi juga bicara kesadaran bersama untuk pesan-pesan moril.

Apa reaksi Iwan Fals saat mendengar pengakuan D’Masiv, Noah, Nidji, Geisha ?
“Terima kasih dan sebaliknya saya pun belajar banyak ke mereka. Susah kalo ngomong tapi lihatlah nanti di panggung,” Iwan Fals menutup pembicaraan.

Leuwinanggung, (22/3).

Fotografer : Evelyn Pritt
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto