Satu Project, Unik Karena Kolaborasi

Saling berbagi
Saling menyayangi
Bersatu Untuk Hidup
Untuk hidup yang lebih baik

Duduk tenanglah
Lihat rasakan Katakan kebutuhanmu
Jujurlah dengan suara hatimu
sudah bersukurkah kamu

Air kau minum
Tanah yang kau makan
Udara yang kau hirup
Kesehatanmu tawa riangmu

Tidak semua selalu untuk kamu
Tidak semua selalu untuk kamu
Tidak semua tidak semua
Tidak semua selalu untuk kamu

Bumi semakin mengecil
Manusia bertambah banyak
Kalau terus bertengkar habislah kita

Saling berbagi
Saling menyayangi
Bersatu Untuk Hidup
Untuk hidup yang lebih baik

Anak kecil bermain
Berlari dan bernyanyi
Dengarkan suaranya
Penuh ketulusan dan harapan

Cinta akan selalu abadi
Tak ada yang bisa halangi
Cinta itu Oh cinta itu
Cinta itu selalu abadi

Kita rindu cinta abadi
Kita rindu cinta abadi
kita rindu oh kita rindu
Kita rindu cinta abadi

Saling berbagi
Saling menyayangi
Bersatu Untuk Hidup
Untuk hidup yang lebih baik


Apa yang saudara pikirkan dan rasakan saat lagu ini dinyanyikan? Lagu yang berjudul “Abadi” ditulis dengan gaya bahasa sederhana tapi mampu mengolah nurani menggali pesan terdalam yang disampaikan pada setiap kata. Iwan Fals memancing kesenyapan menjadi imajinasi. Lagu ini mengajak meluangkan waktu membedah perilaku yang ada saat ini. Tentang rindu cinta abadi. Cinta seperti yang ditulis paling atas, saling berbagi saling menyayangi. Membedah kalimat saling berbagi saling menyayangi lambat laun mendekatkan arti dari basmalah. Bismillahirrahmanirrahim artinya dengan nama Allah yang maha pengasih maha penyayang. Karena saling berbagi adalah berbagi kasih (pengasih) dan saling menyayangi (penyayang) terintegrasi menjadi cinta abadi. Imajinasi yang dihasilkan adalah imajinasi humanis yakni melawan tidur panjang untuk penyadaran berbuat baik kepada sesama manusia.

Lagu “Abadi” diawali oleh vokal Iwan Fals. Selanjutnya Ariel, Momo, Rian, dan Giring. Masing-masing punya karakter vokal yang berbeda. Ini menjadi unik karena kolaborasi. Kolaborasi akan dihadapkan pada kompromi individu-individu dalam mencari kesamaan persepsi. Bukan mencari siapa yang terhebat diantara semua. Konsekuensinya adalah dibutuhkan kejujuran, kesabaran, dan saling pengertian dalam menjalani proses berkarya.

Kolaborasi ini menjadi positif tatkala para musisi dapat belajar satu sama lain dan menjadi penyemangat untuk meningkatkan kreatifitas. Iwan Fals menanggapinya dengan bahagia mendapatkan kesempatan kolaborasi dengan band-band seperti d’Masiv, Geisha, Nidji, Noah karena membuatnya merasa awet muda. Bahkan Iwan Fals menjadikan ini sebagai dorongan untuk lebih disiplin latihan dalam menjaga penampilan dan vokal lantangnya.

Merespon apresiasi yang tinggi dari penikmat musik tanah air maka akan digelar Road Show Album Satu Musica di lima kota yang mewakili lima pulau di Indonesia dan merepresentasikan lima sila dasar negara Indonesia, Pancasila. Agar dilancarkan, sukses, dan selamat seperti yang direncanakan, pada hari Selasa (1/3) diadakan Selametan di Pendopo Iwan Fals.


Leuwinanggung, (3/3).
Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto