Ada Urusan Yang Tak Masuk Di Akal

Senin, (14/12) bertempat di Ancol dilaksanakan Press Conference Gemilang 2016. Sebagai bentuk respon terhadap acara yang memiliki tujuan positif untuk mendapatkan kegemilangan di tahun 2016 Iwan Fals hadir dan mengikutinya. Iwan Fals disebut-sebut pengisi acara yang bakal memberikan suguhan istimewa dan pada kesempatan itu menerima pohon pelangi dari MNCTV sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

Selasa, (29/12) kembali diadakan Press Conference Gemilang 2016. Sebelumnya beredar kabar bahwa Iwan Fals berhalangan hadir. Rosana Listanto menegaskan : “Adalah tidak benar ketidakhadiran Iwan Fals di Ancol karena Iwan Fals yang membatalkannya, crew sudah packing.”

“Ada urusan yang tak masuk di akal,” sepenggal lirik lagu ini seperti mewakili situasi yang ada. Persiapan dikemas sedemikian rupa oleh penyelenggara mulai dari press conference, kabar beredar di sosmed, iklan di tv, dan alat peraga terpasang di Ancol. Iwan Fals & Band seperti biasa menyiapkan diri dengan latihan serius. Tiba-tiba dikejutkan dengan berita pembatalan. Pembatalan yang sebenarnya bukan batal acara tetapi pembatalan Iwan Fals & Band tampil pada acara tersebut dengan dalih pihak Polda Metro Jaya tidak memberikan ijin keramaian.

Fenomena apa yang menyebabkan Iwan fals mendapat perlakuan demikian. Apakah masing-masing artis pengisi acara mesti mangantongi ijin? Lantas mengapa terkesan mendadak sehingga penikmat musik Iwan Fals yang bersiap-siap menyaksikan kegemilangan malam pergantian tahun menjadi bertanya-tanya. Di balik tanya ada kepastian yaitu jawaban berujung batal. Padahal Iwan Fals selalu menyuarakan konser adalah silaturahmi.


Leuwinanggung, (30/12).

Penulis : Syaiful Ramadlan
Editor : Rosana Listanto