Berhak Menggugat

Aku mau jujur jujur saja
Bicara apa adanya
Aku tak mau mengingkari hati nurani

(Album Swami II – Hio, 1991)



Kenapa kebenaran tak lagi dicari ?
Sudah tak pentingkah bagi manusia ?
Apakah kebenaran tinggal kata kata ?
Dari bibir pemenang pemenang semu

Aku tidak ingin menang
Aku hanya ingin benar
(Album Hijau – Lagu Empat, 1992)



Rangkaian kata-kata di atas menghasilkan pernyataan dan pertanyaan. Pernyataan tentang kepatuhan kepada kejujuran. Pertanyaan tentang menggugat kebenaran.

Jika saja dari awal segala sesuatunya dimulai dengan komunikasi yang terbuka dengan menghormati kesepakatan bersama maka diskusi partisipatif akan menjadi sebuah langkah indah gerakan kebudayaan. Cidera janji bukanlah sebuah jenis gerakan kebudayaan kebangsaan.

Langkah Kantata Barock, diawali pertemuan silaturahmi setelah Setiawan Djodi sembuh dari sakitnya yang kemudian oleh Sawung Djabo dan Iwan Fals diwujudkan menjadi suatu elemen pergerakan dengan menu musik. Yang kemudian akhirnya Konser Kantata Barock menyisakan kabar suram.

Saat ini PT Tiga Rambu, perusahaan yang mengurus segala sesuatu tentang Iwan Fals sedang menunggu hasil persidangan sehubungan dengan adanya penayangan Konser Kantata Barock yang mungkin berulang oleh pihak PT Airo di stasiun TV MNC dalam kurun waktu Desember 2013 hingga pertengahan tahun 2014 tanpa ijin, yang artinya PT Airo melanggar perjanjian kontrak kerja sama dengan PT Tiga Rambu, dimana banyak hal sudah diatur di dalam surat kesepakatan kerja sama tersebut.

Sangat dibutuhkan kepekaan dan saling menghargai apa yang diinginkan oleh nilai-nilai kehidupan bersama. Begitu juga dengan Perjanjian Kerjasama penyelenggaraan konser yang sudah ditandatangani. *sr/rl


Leuwinanggung, (14/9).