Cerita Panggung Berkali-kali Ada Cerita Itu

Mengusung tema “Play Your Own Rhythm” Jakarta Fair Kemayoran (JFK) 2015 memberikan suguhan 38 hari nonstop musisi papan atas. Tampil dua kali (9/6), (27/6) di JFK 2015 Iwan Fals & Band mampu menyedot animo pengunjung. Bahkan pengunjung tidak tertampung di arena lapangan konser yang berkapasitas 12.000 orang.

“Tolong dijaga anak-anak dan perempuan. Nggak ada anak-anak nggak ada masa depan dan nggak ada perempuan nggak ada kelahiran. Orang sebanyak ini pikirannya nggak semua sama. Jangan terprovokasi,” seru Iwan Fals di atas panggung.

Tampil malam minggu (27/6) di bulan puasa menjanjikan sebuah suguhan yang bisa dinikmati bersama. Diawali dengan ngabuburit , buka bersama, dan shalat magrib di lapangan konser memberikan makna spiritual yang berbeda. Ditambah dengan shalat isya dan tarawih di lapangan terbuka pada malam hari memberi warna religi tentang tafakur dan tadabbur.

Di awal sebelum bernyanyi Iwan Fals mengajukan komitmen. “Mudah-mudahan kita semua selalu baik-baik saja. Berkali-kali ada cerita itu. Kalau ada sedikit yang dirugikan kita berhentikan musiknya. Kita buat kesepakatan 1..2..3.. kalau ada yang tetap berkelahi saya akan berhenti dan berhenti. Yang bikin masalah jangan dihakimi, kasih petugas aja.”

Satu Nusa Satu Bangsa (karya Liberty Manik) menjadi lagu pembuka. Selanjutnya meluncur Belum Ada Judul, Libur Kecil Kaum Kusam, Lagu Empat, Alam Malam, Esek-esek Udug-Udug, Pinggiran Kota Besar, Nyanyianmu, Kembang Pete, dan Aku Sayang Kamu.

Aku Sayang Kamu tidak selesai dinyanyikan. Entah apa yang terjadi dengan ulah sebagian orang yang karena ulahnya merugikan banyak orang. Tapi yang pasti inilah penyebab konser dihentikan dan tidak diselesaikan. Rencana repertoar 15 lagu, kurang 3 lagu. Siapa yang menghentikan? Bukan pihak keamanan dalam hal ini petinggi tentara atau polisi. Yang menghentikan konser malam itu adalah Iwan Fals. “Sesuai dengan komitmen di awal,” ujar Iwan Fals tegas. Meskipun tak seindah rencana, terima kasih telah menyatukan tujuan dan nyanyi bersama. Lihat videonya hanya dihttp://iwanfals.co.id/gallery
*sr.






Jakarta, (28/6).